Life

Charity Event + Mini Concert = Sayang Soreang

Yup. Tweet ini berkeliaran di timeline gue sekitar pukul delapan malam lebih, Rabu malam.

Sejak bencana banjir dan longsor yang melanda Soreang pada Minggu malam, 18 November 2012, banyak bantuan yang mengalir untuk meringankan beban mereka yang kesulitan. Termasuk, para penggiat social media di Twitter.

Well, sebagai crossbreed (halah!) dari Kab. Bandung dan Garut, gue juga merasa terenyuh mendengar berita ini. Beberapa acara amal mulai bermunculan, sampai #SayangSoreang hasil prakarsa dari beberapa teman admin akun anonim pun lahir. Karena kangeeen banget sama yang namanya ngeliput, gue mengajukan diri untuk jadi ‘delegasi’ dari Gigsplay. Ihiy!

Jadilah Jumat sore tanggal 23 November itu gue meluncur ke Bober Café di Jl. Riau 123. Sambil nunggu acara dimulai, gue mojok bersama beberapa admin akun anonim – yang ketje-ketje. Oh, can’t reaveal you who they are. Sorry. :p – sambil mengonsep catatan untuk nge-review. Kalau hasil review-nya nggak bagus, gue terancam nggak hidup bahagia, nih. 😐

Acara #SayangSoreang dimulai pukul setengah delapan malam – ngaret sejam karena masalah teknis yada yada yada. Terlanjur pewe duduk di sofa, gue jadi males ngangkat pantat buat foto-foto dan lebih milih nonton sambil leyeh-leyeh. Meski nggak terlalu tahu dengan para talent-nya, gue cukup menikmati penampilan mereka. Yah, kalau nggak merhatiin terus tetiba lost, hancurlah review gue nanti.

Tiga band pertama; Jersey, Coffee Clove, dan Achterna, membawa atmosfer yang berbeda-beda. Favorit gue jatuh pada Coffee Clove yang beraliran blues rock ‘n roll. Man, vokalisnya bikin cowok-cowok mangap dan gue sendiri mengagumi permainan gitarisnya yang ciamik abis!

Konsentrasi petjah berantakan waktu Chimney main. Lagu pertama, sih, masih oke ya. Tapi, begitu lagu kedua disebutin… hancurlah hati yang sudah tertata dengan rapi ini.

What song? “Priceless” dari Copeland.

TIDAAAAK! Pojokan, mana, pojokaaan?!

Sambil menahan hasrat untuk berubah jadi werewolf dan menerkam si drummer yang cengengesan pas dipelototin, gue tetap mangap-mangap kalem nyanyiin liriknya sambil nyoret-nyoret notes. Hih.

Belum cukup sampai di situ, Rocket Rockers yang menjadi klimaks acara pun semakin membuat hati gue semerawut. Songs which they play reflected what I felt. Pfft. Oh, setidaknya gue harus menikmati penampilan mereka sebelum Ucay meninggalkan band ini per Januari 2013 nanti. 😥

Oke, lupakan sejenak gundah gulananya. Ini acara amal. Acara amal…

Satu yang cukup menghibur dari #SayangSoreang adalah sesi lelang yang mengisi jeda tampil. Barang-barang yang dilelang pun nggak sembarangan, lho! Ada vest dari Bandung Berisik, jaket dan kaos dari clothing brand ternama di Bandung, sampai dua pasang sepatu milik vokalis Rocket Rockers, Ucay! Gila. Sayang gue bukan orang kaya, yah. Ngiler liat barang-barangnya! Belum lagi satu kuis dari @KumahaAingWeh yang bikin gue cekakan (miris) di sofa.

Dua band terakhir yang tampil ternyata sanggup meredakan kegelisahan yang gue rasakan karena malam makin menua (saik!). Cardio – OMG, bassist-nya… – melakukan duet bersama salah satu personil Chimney yang centilnya nggak ketolong *ditampar Zaka*. Kemudian, acara ditutup dengan sangat manis – lagi, cowok-cowok ngiler liat vokalisnya – oleh Early Colors. Mereka bawain “Payphone” dari Maroon 5 – yang sempat di-mash up Rocket Rockers juga – dan satu lagu yang menjadi guilty pleasure gue sejak nonton Breaking Dawn, “A Thousand Years”-nya neneng Christina Perri.

The day we met…

Oke, cukup, cukup.

#SayangSoreang sukses menggalang donasi tunai sebesar Rp. 1.908.500 dalam waktu tiga jam saja, pemirsa! Selain itu, ada sumbangan baju bekas dan alat tulis juga yang berdatangan. Gue, walaupun udah ngantuk dan gelisah karena dirongrong orang-orang rumah, sangat menikmati acara amal yang dikonsep dalam waktu tiga hari, TIGA HARI AJA, MAN! But, I think this charity event could take a mini concert euphoria. Why? Karena gue baru bisa tidur pukul dua dini hari setelah pulang dari Bober Café pukul sebelas. :))

Well, nggak ada yang bisa gue harapkan lebih banyak selain mendoakan saudara-saudara di Bandung Selatan sana untuk segera bangkit dari tragedi ini. Pun, semoga donasi dari #SayangSoreang ini dapat meringankan beban mereka. Amin!***

ps: thank you for letting me to write the review, @zackagums and @fajaryanuarsyah

For Gigsplay’s review: ow.ly/fz7pu 

Leave a Reply

