Life

A Concert Tale

Setiap kali membaca review konser, ada banyak perasaan yang datang; campur aduk jadi satu. Sedih (kalau nggak ada di venue), seneng, terharu… Termasuk waktu baca review salah seorang teman di Gigsplay tentang konser Weezer beberapa menit yang lalu.

Tapi, yang paling membekas kuat adalah perasaan kangen. Kangen ngeliput dan menikmati euforia konser.

Saya tergila-gila dengan konser sejak SMP; sekitar tahun 2004-2005. Waktu itu, konser belum seramai sekarang dan satu-satunya promotor yang saya tahu cuma Adrie Subono. Dompet para concert-goer juga masih aman, dibandingkan sekarang yang berpotensi besar bikin bangkrut.

Sayang, di masa-masa sekolah, saya tidak punya kesempatan besar seperti sekarang. Demi memuaskan rasa penasaran, saya suka membeli majalah-majalah yang memuat review konser. Dari GADIS sampai Rolling Stone. Biasanya, saya akan memotong bagian review konser tersebut dan menyusunnya jadi sebuah kliping (yang masih terus saya simpan.)

Impian saya untuk menonton konser terwujud pada tahun 2009. Mae adalah band pertama yang saya saksikan (harusnya The Used… tapi, ya sudahlah.) Namun, saat itu saya hampir tidak pernah membeli majalah untuk membaca review, karena harga majalah mulai nggak masuk akal dan budget sudah terbagi dengan buku. Jadi, saya hanya membaca review-nya di blog atau dipinjami majalah (review konser Mae saya baca di Trax Magazine.)

Well, siapa sangka obsesi nonton konser dan iseng ngumpulin review dari majalah itu berbuah manis. Di awal tahun 2012, ketika mendapat kesempatan untuk hura-hura di konser We Are the in Crowd, saya ditawari untuk menulis review-nya di Gigsplay. GIGSPLAY! Awalnya penikmat review konser, sekarang tulisan beraroma euforia musiknya dinikmati orang lain! *nari balet*

Walaupun bukan gigs reviewer aktif, saya belajar banyak dari jenis tulisan. Membangun emosi dan membaginya dengan orang lain adalah hal yang mengesankan.

Ah, saya penasaran dengan review selanjutnya.

erl.

Leave a Reply

