writing

[Writing] Finish What You Started

“Why can’t you finish what you started?
Why can’t you try and understand?
It doesn’t make a bit of difference
if you start what you can’t finish
Every story needs an ending, after all…”
(Can’t Finish What You Started – Motion City Soundtrack)

Kalau naskah novel bisa nyanyi, saya yakin dia akan memilih lagu ini. Apalagi kalau ceritanya belum beres – seperti punya saya.

Tapi, di sini saya bukan mau curhat. Selama beberapa hari terakhir, saya sempat membaca beberapa karya teman untuk diberi masukan. Sayang kalau dibagi hanya untuk satu-dua orang. Mungkin banyak yang mengalami hal-hal seperti ini, termasuk saya, saat sedang menulis.

1. Teori-teori menulis terkadang tampak memusingkan (apalagi kalau kuliah di jurusan Sastra, materi ini sampai masuk bahan ujian!). Tapi, percayalah, mereka amat, sangat membantu. Entah untuk tata cara penulisan atau teknik menyusun cerita. Teori ini juga akan membantu kita untuk membentuk ‘karakter’ tulisan.

2. Menyambung poin sebelumnya, banyaklah membaca. Terkesan klise, tapi ini serius, lho. Semakin banyak kita membaca buku dari sejumlah penulis, semakin kaya pengaruh tulisan kita. Kadang, ada beberapa tulisan membosankan karena si penulis malas untuk menjelajahi ruang lingkup bacaannya.

3. Jangan malu untuk membagi tulisan kita pada orang lain. Saya lebih sering memberi tulisan pada teman-teman non penulis untuk menguji apakah pesan dari cerita saya sudah sampai. Masukan dari mereka jangan dianggap remeh, lho.

4. Bersahabatlah dengan tulisanmu sendiri. Jangan merasa rendah atau tinggi. Katanya ‘writing is my half life’, kok masih segan gitu? Anggap tulisan kamu adalah teman curhat yang paling menyenangkan.

5. Kena writer’s block? Keluar dan belanja ide sebanyak-banyaknya! Kalau kamu stuck di satu tulisan, coba bikin tulisan lain. Siapa tahu nemu ide bagus.

Yak, maaf agak berantakan. Semoga bisa membantu kalian untuk terus menulis.

erl.

ps: lagu di atas, mungkin, bisa memacu kalian untuk melanjutkan tulisan yang tertunda. Have a try!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s