Uncategorized

[Review] Montase

“Tanpa dia, aku tidak akan berada di sini sekarang.” – Rayyi

Saya sudah lama tidak membaca novel-novel terbitan Gagas Media. Atas rekomendasi seorang teman – dengan setumpuk spoiler dalam paparannya – saya akhirnya memboyong Montase karya Windry Ramadhina. Saya jatuh cinta dengan ilustrasinya yang diberi kesan seperti sketsa kasar. Nah, saya sendiri baru mengerti kenapa setelah melahap isinya. 😉

Kata ‘montase’ dalam KBBI sendiri memiliki empat definisi, tapi satu yang paling mendekati cerita adalah ‘gambar berurutan yang dihasilkan dalam film untuk melukiskan gagasan yang berkaitan’. Yap, dalam Montase, Rayyi/Bao – sang tokoh utama dan narator – adalah mahasiswa Fakultas Film dan Televisi IKJ. Rayyi sedang mengalami tekanan karena dia mau tidak mau harus mengikuti kemauan sang ayah untuk masuk peminatan Produksi, sementara passion-nya ada di Dokumenter. Hidupnya sudah cukup kusut, hingga dia bertemu gadis Jepang bernama Haru.

Sengaja sampai situ, nanti malah ngasih spoiler.

Secara keseluruhan, saya menikmati ceritanya. Montase membawa saya dalam dunia perfilman – salut untuk riset yang dilakukan penulis. Julukan-julukan lucu yang dilontarkan Rayyi untuk Haru pun menarik senyum geli – gadis berkepala angin, senyum perahu naga. Belum lagi deskripsinya yang membuat saya iri setengah mati.

Sayang, ada satu kalimat yang mengganggu di halaman 146. Ketika Samuel Hardi berkata, “… Ck. Mahasiswa zaman sekarang mirip penderita autisme.” Wah. Meski Samuel digambarkan sebagai sosok menyebalkan, saya tidak bisa menerima penggunaan kata ‘autisme’ dalam kalimat tersebut. Terkesan amat kasar. Lain kali, hati-hati, ya.

Namun, Montase cukup menghibur dan saya rekomendasikan untuk mengisi waktu luang kalian. Saya pikir, jika diangkat ke layar lebar, pasti lebih mengocok hati.

erl.

“Keindahan Sakura hanya sebentar, tapi karena itu dia begitu berharga.” – Haru

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s