music · review

We Want (Para)More!

Selama beberapa bulan terakhir, saya seolah ditarik kembali ke masa-masa berseragam – baik biru maupun abu-abu. Bukan karena reuni, tapi ‘kebangkitan’ beberapa band favorit saya bersama beritanya.

My Chemical Romance bubar. Fall Out Boy reuni. Motion City Soundtrack ditinggal drummer. A Day to Remember menggelar tur.

Terakhir, Paramore merilis album keempat mereka.

Ini kejutan. Selepas ‘Brand New Eyes’ (2009), band ini diterpa ombak musibah. Salah satunya, yang paling menggemparkan, adalah minggatnya Farro bersaudara. Saya jadi pesimis. Dua pertiga napas Paramore ada pada tangan Zac dan Josh. Jadi, saat mengetahui Paramore tengah merampungkan album baru, saya hanya geleng-geleng kepala.

Sampai kemudian self-titled album mereka dirilis tanggal 9 April 2013. Saya penasaran, perubahan apa yang Paramore – dengan tiga personil seperti Yeah Yeah Yeahs, sekilas – sajikan. Tadi pagi, saya menikmati secangkir kopi bersama Paramore dan…

…ya, Tuhan. Hayley Williams berhasil mematahkan semua ekspektasi buruk saya.

Dari seluruh album yang pernah mereka produksi, ‘Paramore’ adalah yang terbaik. I ate those tracks in one sit! Tujuh belas lagu – terbanyak yang pernah mereka masukan juga – yang memukau.

“Grow Up” seolah menjadi tamparan Hayley untuk Farro bersaudara (some of us have to grow up sometimes / and so, if I have to, I’m gonna leave you behind //). Sementara “Still Into You” membuat siapapun jatuh cinta (I should be over all the butterflies / but, I’m into you //). Nomor “Ankle Biters” membawa napas pop-punk yang amat kental. Hayley lalu membuai saya dalam ballad berjudul “Hate to See Your Heart Break”.

Yang unik, ada tiga interlude terpisah dalam album ini. “Moving On”, “Holiday”, dan “I’m Not Angry Anymore” menarik senyum saya dengan alunan ukulelenya.

Ah, beberapa band memang sepantasnya tumbuh dan berkembang – seperti para penggemarnya. Kendati Paramore masih pincang karena belum menemukan personil pengganti, mereka telah tumbuh dengan baik dan lebih dewasa.

erl.

***

‘Paramore’

Rate: 4/5

They will take an eargasm: “Fast in My Car”, “Now”, “Grow Up”, “Ain’t it Fun”, “Still Into You”, “Proof”.

Leave a Reply

