project · writing

Journal #3: The Sober Editor

Write drunk, edit sober,” kata mendiang Ernest Hemingway. Ya, ya, menulislah sesukamu sampai selesai, lalu sunting dengan hati-hati.

Setelah melakukan ‘ritual’ selama dua hari, saya menguatkan diri untuk menyantap ‘camilan sehat’ dari penyunting. Berlebihan? Untuk seorang penulis pemula, pemandangan ini bikin mata syok.

image

Tapi, saya mulai terbiasa. Agak gengges karena user komputer lain nyelip di track changes dan bikin saya gelagapan. Uh.

Selama membaca catatan, saya biasanya membayangkan suara penyunting muncul dalam kata-katanya–bahkan sampai ke intonasi. Gila, saya sampai mendalaminya sejauh itu! Selain karena nge-fans sama suara penyunting saya yang cukup imut, juga untuk memahami pengarahannya. Bukan pengalaman yang menyenangkan, memang, karena bikin saya manyun-manyun. Tapi, saya pikir ini untuk kebaikan naskah juga, kan? *puk-puk diri sendiri*

Setelah memeriksa catatan, biasanya saya akan ‘memanggil’ tokoh-tokoh ‘bermasalah’ pada cerita tersibut. Mendiskusikan perubahan dalam bagian mereka. Sulit, jujur saja, dengan ego yang lumayan besar, saya harus mengendalikan diri.

Demi pembaca.

*

Suatu hari, saya pernah berbincang dengan seorang kawan tentang bidikan pasar dunia penerbitan. Bagaimana orang-orang yang kuliah sastra melihat jurang besar untuk meloncat ke seberang–tulisan populer. Saya terbiasa dengan  buku-buku sendu. Lalu saya menulis sebuah kisah semanis kue cokelat.

Sekilas, ini seperti siksaan.

Well, menjadi penulis fiksi itu mudah, tapi susah untuk dijalani.

*

Saya yakin sedang mabuk kala menulis naskah tersebut. Jadi, seharusnya saya tidak merasa aneh mendapat paket ‘camilan sehat’ sebanyak itu dari penyunting. Parsel lebaran.

My editor is sober enough to slap this drunk writer.

Phew, hard work! *ikat tali di kepala*

erl.

***

ps: untuk sepatu, ujung-ujungnya saya malah pesan dari teman. Ha.

Leave a Reply

