project · writing

Journal #5: Coincidence

Dalam beberapa catatan, ‘kebetulan’ menjadi penyakit yang saya bawa dalam cerita. Mungkin, saking ‘mabuk’ saat menulis, saya sampai tidak menyadari kehadirannya. Ini ironis karena saya bukan pengagum ‘kebetulan’.

Menyebalkan memang.

Kemudian, saya memutuskan untuk mempelajari ‘kebetulan’ itu hari ini.

*

Pasti ada alasan kenapa saya (cenderung) menyukai warna-warna gelap–terutama hitam.

Saya akhirnya mendapatkan rok chiffon dan sepatu. Dua-duanya berwarna hitam. Ponsel saya casing-nya berwarna hitam. PC di kamar berwarna hitam. Konde, kucing peliharaan saya, warna rambutnya hitam. Kopi favorit saya adalah black coffee.

Ini bukan kebetulan, kan?

Tentu bukan. Satu hari, ayah mengatakan bahwa dia juga pecinta warna-warna gelap, seperti hitam. Mungkin beliau yang ‘menularkan’nya. Saya juga tipikal orang yang tidak suka membeli pakaian yang ‘ramai’ dengan warna mencolok. Pilihan saya pasti akan jatuh pada biru, ungu, abu-abu, dan… pastinya hitam.

Pemecahan masalah yang sederhana.

*

Sebagai pembaca/penulis, bukan hal yang aneh jika saya sering menemukan hal-hal yang begitu dekat dalam sebuah cerita.

Misalnya, menyambung jurnal kemarin, saya menemukan poin yang sama dalam LONDON dan MELBOURNE. Tokoh-tokoh utamanya digelayuti rasa takut untuk jatuh cinta. Saya tenggelam dalam ceritanya dan berseru dalam hati, “Guys, I feel you!

Lantas, sekali lagi, ini bukan kebetulan, kan?

Seratus persen bukan. Karena, saya pernah (dan sedang) mengalami perasaan tersebut.

*

Lalu, saya sadar, ‘kebetulan’ bukan mukjizat yang jatuh dari atas langit. Ada hal-hal yang mendasarinya. Lalu, tanpa disadari menciptakan pola dalam pikiran. Hampir mirip kebiasaan dan bakat–menurut saya.

But, again, there is no coincidence, my friend said.

*

Saya juga tidak mau mendapat julukan “The Queen of Coincidence” nantinya. Setelah pelajaran singkat ini, semoga kadar ‘kebetulan’ dalam cerita saya turun ke tingkat normal.

erl.

***

ps: my new shoes! I name it… Hermes. Thank you, @nvgtrstore!

image

Leave a Reply

