project · writing

Journal #8: Morning Reading

Makin ke sini, posting makin pagi. Lama-lama, bisa nulis sebelum sahur. Hehe.

*

image

Selain punya suara imut, penyunting yang menangani naskah saya juga sangat concern. Karena ini novel debut, kadang saya masih merasa terombang-ambing. Kalau beberapa pesan penyunting tidak pernah mampir ke WhatsApp atau Twitter, saya pasti akan menelantarkan naskah di hard disk PC.

Ya, semalam penyunting saya menanyakan perihal naskah–mungkin gemes juga karena saya belum kirim revisi terbaru. Saya terus terang saja. Saya mengalami kendala dan, tanpa diduga, penyunting memberi satu-dua saran. Sekali lagi, saya merasa ditampar. Wake up, self, things are getting pretty serious!

*

Semalam, saya juga menyimak linimasa di @nulisbuku tentang tanggapan para orang tua terhadap karya anak-anaknya. Tak sedikit yang tidak merestui profesi penulis. Saya tidak mau berprasangka terlalu jauh, pasti ada alasan tersendiri dari para orang tua tersebut. Sementara di satu sisi, saya merasa miris juga. Kalaupun mereka tidak suka putra-putrinya menjadi penulis, semoga mereka masih memberi izin untuk membaca.

Dosen saya pernah mengatakan jika membaca adalah kegiatan yang sulit–apalagi menulis. Saya sendiri dulu dipaksa oleh orang tua untuk membaca, sampai menjadikannya kebutuhan. Bagi mereka yang follow akun @clara_ng pasti pernah menyimak kultwit-nya tentang membaca-pembaca.

Seseorang bisa, kok, menulis tanpa membaca. Tapi, dia akan syok begitu mendapat kritik. Membaca merupakan salah satu ‘pelatihan’ agar pikiran kita jadi kritis. Menurut saya, membaca seperti seatbelt dalam mobil.

*

Sebelum kembali bertempur dengan revisi, saya menyempatkan diri untuk jalan kaki pukul enam pagi. Ini kegiatan rutin yang tidak bisa ditinggalkan. Biasanya, pikiran saya juga ikut ‘jalan’ dalam sesi ini.

Well, good morning! Have a very nice Tuesday!

erl.

image

***

ps: salah satu perangkat penting saat menulis: KBBI. Meski kadang-kadang labil, tapi sangat diperlukan. Sila unduh versi terbaru ini!

Leave a Reply

