project · writing

Journal #16: Meme Time!

image

Fenomena meme ini sudah berlangsung selama beberapa tahun dan masih berada di puncaknya. Saya kali pertama mengetahui meme dari 9Gag yang terkenal dengan kata-kata dan gambar sarkasnya. Saya tidak menganggapnya terlalu serius, tapi saya harus mengakui jika para pembuat meme adalah orang-orang kreatif.

Karena membuat meme tidaklah mudah.

*

image

Ini meme perdana buatan saya, dibantu dengan meme generator (unduh di Google Play, banyak kok!). Membuat meme mengingatkan saya pada flash fiction–harus padat dan kena sasaran. Mungkin flash fiction tidak didukung gambar. Berbeda dengan meme yang disokong visual. Sekilas memudahkan, tapi bagi pemula seperti saya cukup sulit juga. Level sarkatis saya belum sewahid 9Gag rupanya.

image

Bagi segelintir orang, meme terkesan iseng–mungkin nggak ada kerjaan. Namun, menurut saya, selain mendekati flash fiction, meme juga bisa menjadi media untuk bersatir ria. Asal pemilihan gambar dan katanya cocok, pasti pesannya kena.

Sayang, daya nalar orang berbeda-beda, jadi tidak semua dapat menanggapi. Bisa jadi malah menyinggung. Tip untuk pembuat meme pemula: rajin-rajin lihat meme dari berbagai level. Biasanya dari riset kecil-kecilan, kita jadi tahu elemen tertentu dari meme ini.

*

image

Kok jadi ngebahas meme, ya? Hahaha. Saya sedang mengalihkan perhatian sejenak.

Selamat bermain kata dan gambar!

erl.

***

ps: Taqobbalallahu Minna Wa
Minkum. Sedih meninggalkan Ramadan. Semoga bisa berjumpa lagi.

image

Leave a Reply

