project · writing

Journal #25: Squarepants Told Me

image

Ada yang ingat episode Spongebob Squarepants yang ini?

Mungkin ada beberapa orang yang nggak ngeh sama judulnya, tapi pasti tahu cerita dari foto ini.

image

Yup, remember that one? Dalam episode Procrastination, Squarepants mendapat tugas dari Nyonya Puff untuk menulis esai sepanjang 800 kata. Squarepants jadi satu-satunya murid di Sekolah Mengemudi yang excited menyambut tugas ini. He thought it was easy, until….

Yup, ternyata menulis esai tidak semudah yang Squarepants kira. Tugas ini tertunda karena dia melakukan banyak excuse tidak penting–dari meraut pensil sampai ngasih makan Gary. Squarepants kemudian mendapat mimpi buruk karena tugasnya yang tertunda. Saat bangun, jam hampir menunjukkan pukul delapan dan dia baru menulis satu kata. Pada akhirnya, Squarepants memang berhasil menyelesaikan esai itu. Namun, setibanya di sekolah, Nyonya Puff memberitahu bahwa tugas itu tidak jadi dikumpulkan. Squarepants torn the paper–and himself.

*

image

Sekilas, kisah ini menghibur. Tapi, setelah diperhatikan cukup nyentil juga–buat penulis yang suka nunda-nunda revisi. Kayak saya. :))

Di revisi terakhir, saya sempat kelabakan karena tanpa sengaja memencet tombol yang mengubah format dari penyunting. Nggak bisa di-undo. Jadilah saya ngulang dari awal sampai telat sehari dari deadline.

Iya, ini pelajaran yang amat berharga. Ternyata saya masih senang buang-buang waktu.

Syukurnya, saya tidak mengalami akhir seperti Squarepants.

*

Buat yang pengen banget jadi penulis, disiplin memang penting. Tanpa kebiasaan, rasanya akan sulit untuk memulai (saya pun masih mengalaminya). Kekuatan mental juga harus diperhatikan–apalagi kalau udah punya penyunting. Jangan banyak ngeyel dan patuhi apa yang ada dalam revisi.

Jadi, masih mau nunda-nunda kerjaan lagi?

erl.

***

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s