project · writing

Journal #32: Thought

Aku percaya dengan turning point of life. Titik di mana manusia akan mengalami sebuah kejadian yang akan mengubah kehidupannya. Entah itu saat dia sekolah, menikah, atau menderita penyakit tertentu.

Atau sesuatu yang dia anggap tak akan pernah menimpa hidupnya.

But, who gives life, anyway? Kepingan masa laluku berkata bahwa apa-apa yang kita miliki ini hanya titipan semata, bukan? Mengapa harus begitu angkuh? Mengapa harus begitu bangga pada hal-hal yang akan kembali diambil?

Namun, itulah manusia. Tempat dosa berada.

Kadang kita terlalu terbuai. Aku sukses dibuainya. Begitu jelas kilau itu di depan sana–satu langkah lagi–sampai-sampai, tidak sadar jika aku tanpa sengaja telah mengambil tindakan yang gegabah.

Ya. Sebuah tindakan yang mengantarku pada tempat ini. Tempat yang bahkan melewatinya pun tidak pernah terlintas dalam pikiranku.

*

Kupikir, hidupku baik-baik saja. Kupikir, seharusnya baik-baik saja menarik kecurigaanku.

Kalian pernah melihat mangkuk berisi sup yang tersenggol dan jatuh sampai-sampai seluruh mata terpusat padanya? Mereka terkejut dan tidak pernah menyangka hal kecil itu terjadi. Isinya berceceran di lantai–antara merasa jijik dan iba. Mereka diam; menunggu seseorang mau menjadi relawan untuk membersihkannya.

Aku? Aku mungkin lebih rendah dari sup itu! Siapa yang mau membantuku? Mengingat saja mungkin tidak ada. Teman? Oh, maksudmu mereka yang hanya simpatik di awal dan tak acuh kemudian? Keluarga? Oh, maksudmu mereka yang menganggapku sampah?

Ya, aku sempat marah pada Tuhan–mengapa jalan hidupku sontak berubah seperti ini? Salahku di mana? Aku tidak butuh belas kasihan. Aku masih punya harga diri!

Itu, sampai Tuhan menunjukkanku sesuatu. Jangan terlena dengan aliran sungai tenang, tidak ada yang tahu sedalam apa ia menghanyutkan. Namun, bahkan setelah tenggelam, pasti ada celah yang membawa kita kembali.

Aku percaya itu.

Aku percaya ada yang akan membantuku nanti.

***

Leave a Reply

