project · writing

Journal #34: Journey

Writing a book is a long, long journey.

Mungkin beberapa orang di luar sana masih berpikir jika menulis buku adalah pekerjaan yang mudah. Apaan, sih, cuma bikin cerita doang. It seems like a piece of cake, ya?

But, it’s an art.

Tidak semua orang mau mengorbankan waktunya untuk fokus pada sebuah proyek yang–terkesan–buang-buang waktu. Bahkan biaya. Atau hidupnya. Sebuah buku melewati berbagai tahapan yang menguras emosi maupun tenaga.

Truman Capote, salah satu penulis favorit saya, butuh waktu enam tahun untuk merampungkan In Cold Blood. Dia melakukan riset maksimal dengan mengunjungi para pembunuh di sel tahanan. Menemani mereka sampai menyaksikan eksekusi mati. Emosi Capote juga dibuat berantakan. Di satu sisi, dia ingin membantu salah satu tersangka. Di sisi lain, dia tidak bisa berbuat banyak. He was just a writer.

Itu hanya satu contoh. Kalau kalian menonton film-nya (Capote), ada beberapa adegan yang memperlihatkan pergumulan Capote saat menyelesaikan tulisannya. Saya pikir, mereka yang mengaku sebagai penulis ingin sekali menepuk pundak Capote jika menyaksikannya.

Ya, saya sudah (dan akan kembali) melewati stage tersebut. Namun, salah satu tahap yang berat menurut saya ada di masa ‘peralihan’–saat penulis berusaha menarik diri dari dunia dalam tulisannya ke dunia nyata. Saya tidak tahu apa ada orang yang mengalami hal ini.

Yang pasti, saya sedang terjebak dalam tahap ini sekarang.

Melelahkan.

Saya kebingungan mau melakukan apa. Revisi sudah selesai. Saya ingin kembali menulis lagi, tapi prosesnya tidak akan secepat itu. Tubuh saya juga ingin bermalas-malasan sejenak. Namun, dalam masa santai ini, saya tetap memikirkan kerangka untuk cerita berikutnya.

Well, pernah berpikir untuk banting setir? Yup. Tapi, saya ragu esensinya akan segila menulis.

erl

image

***

ps: So, nom I’m in love with Breakeven.

Leave a Reply

