project · writing

Journal #38: Old Fashioned

Keterbatasan fasilitas (seharusnya) tidak menghalangi seseorang untuk menulis.

Bersyukurlah kita yang lahir di era modern. Fasilitas untuk menulis sudah amat canggih–bahkan jurnal ini di-publish dalam genggaman tangan. Bayangkan jika kita lahir enam puluh tahun yang lalu, mungkin kita masih menggunakan mesin tik yang berisik.

Hei, tapi penulis-penulis besar justru lahir pada era tersebut.

Embracing limitations can push creativity,” begitu kata ‘Red’ Hong Yi. Percayakah jika sampai novel yang terakhir ditulis, saya belum pernah menggunakan komputer jinjing atau laptop?

Ini serius. Satu hari, seorang teman pernah bertanya, “Kamu punya laptop?

“Nggak.”

“Lho. Tapi seorang penulis, kan, harus punya laptop.

Saya sebenarnya agak risi. Seharus apa? Sebuah kewajibankah?

*

image

Ini PC yang menemani perjalanan menulis saya selama hampir sepuluh tahun. Dulu masih pakai pentium dua, sekarang stuck di pentium tiga. Windows XP. Mulai lelet dan monitornya mulai ngadat nyala. Beberapa orang mungkin akan berpikir untuk mengganti atau membuangnya. Tapi, karena punya prinsip yang sama dengan ayah, saya tetap mempertahankannya karena 70% kondisi PC ini masih bagus.

Selain itu, sudah satu tahun terakhir saya memakai PC di kamar yang lebih canggih (tapi CPU-nya nggak bisa baca removeable disk). Sebenarnya ini PC kerja ibu saya. Tapi, karena jarang dipakai, akhirnya saya yang jajah.

image

Yes. Saya memakai dua PC!

*

Pernah terpikir untuk hijrah ke komputer jinjing? Sering. Apalagi ngeliat adik saya yang punya laptop pribadi (dia beli dari uang beasiswa). Namun, mengingat saya yang lumayan ceroboh, saya sangsi akan membelinya dalam waktu terdekat.

Even for a netbook.

*

Yah, bilang saja saya kuno. Tapi, saya masih merasa cukup dengan fasilitas ini di rumah.

erl.

***

Leave a Reply

