project · writing

Journal #39: Casts!

Selamat hari Jumat!

Saya agak kaget karena sudah menulis jurnal ini selama satu bulan lebih. Biasanya, saya ikut proyek menulis 30 hari. Jadi, cukup mengejutkan karena saya bisa menulis sampai hari ke-39.

Sayangnya, saya akan menghentikkan proyek ini besok. Bukan karena bosan, sih, tapi 1) sesuai dengan kesepakatan, besok adalah hari terakhir menulis jurnal, 2) saya mau fokus merampungkan laporan KKL, 3) time to start writing a new novel, dan 4) dua minggu lagi kuliah, cuy.

*

Mumpung masih ada jatah, saya mau cerita tentang tokoh-tokoh dalam novel yang-segera-rilis. Menciptakan tokoh-tokoh fiksi menurut saya gampang-gampang susah, sih. But, it’s fun, so far. Apalagi, kalau udah berburu figur-figur terkenal untuk dijadikan model.

Nah, ini tiga tokoh utamanya: 

image

Dari kiri ke kanan: Wafi, Widha, dan Nathan.

Wafi dan Nathan sebenarnya pemain lama. Sementara Widha adalah figuran (namanya bahkan hanya disebut tiga kali dalam cerita sebelumnya) yang kemudian saya tarik menjadi tokoh utama.

Kalau yang ini tokoh-tokoh pembantu:

image

Dari atas, ke bawah, lalu ke kanan: Keira, Artemis, Ares, dan Deno.

Banyak, ya? Keira adalah tokoh utama di cerita sebelumnya yang menjadi benang merah di novel ini. Dia tidak hadir secara fisik, tapi menghubungkan tiga tokoh utama. Artemis dan Ares adalah dua pemain (sangat) lama, sementara Deno adalah figuran (yang siap jadi tokoh utama di cerita berikutnya–tapi masih agak lama, sih). Sebenarnya, masih ada tokoh-tokoh pembantu lain yang muncul. Tapi, beberapa terpaksa dibuang dari cerita atau porsinya saya kurangi.

Meski hanya ‘pembantu’, menurut saya para figuran memiliki peran vital tersendiri. Mereka yang terkadang membawa tokoh-tokoh utama kepada perubahan atau malah membuat kekacauan dalam cerita. Saya juga punya rasa simpati besar terhadap tokoh-tokoh pembantu.

*

Ah, ya, sayangnya saya tidak bisa membeberkan cerita para tokoh ini.  Bisa-bisa diguyur nanti.

Have a nice weekend!

erl.

***

One thought on “Journal #39: Casts!

Leave a Reply

