writing

[Review] Paradigm by States

image

Tracklist

01. Circles
02. I Hope You Stay Gone
03. The Night
04. Fever
05. Summer Love
06. Bones
07. Erase It All
08. Electric Mind
09. All In My Head
10. Running Awake
11. Absolute

***

Tahun ini, beberapa musisi favorit saya merilis album baru. Kendati bukan orang yang terlalu paham dengan musik, saya masih menikmati karya mereka. Bahkan, beberapa di antaranya sangat mempengaruhi tulisan saya. Salah satunya States.

Penggemar Copeland pasti tidak asing lagi dengan mereka. But, let me introduce you. States beranggotakan empat mantan penduduk Copeland– Bryan Laurenson (gutar), Jonathan Bucklew (drum), Dean Lorenz (bass), and Stephen Laurenson (gitar)–dan si cantik dari Lydia, Mindy White. Mereka berhasil mencuri hati saya sejak merilis EP “Line ‘Em Up” (2010) dan LP “Room to Run” (2012).

Ketika band-band dengan vokalis perempuan pasca-Paramore sering dibandingkan dengan Hayley Williams, White hadir dengan warna vokal sendiri. Satu ulasan mengatakan jika White akan mengingatkan kita dengan Nina Persson (iya, sih, sedikit). Dia berhasil memberi angin segar bersama States. Termasuk dalam album teranyar mereka, “Paradigm”, yang baru rilis tanggal 3 Desember kemarin.

Berbeda dengan “Room to Run” yang ramai dan ‘centil’, Paradigm menyuguhkan ketenangan dalam lirik lagu-lagunya yang ‘sing-a-long-able‘. Tidak terlalu riuh, tapi juga tidak mendayu-dayu. Setelah dibuka dengan “Circle” yang kalem, “I Hope You Stay Gone” akan membawa kita pada kisah patah hati (I got your voicemail / No thanks, I won’t return it / You want your things back? / I might’ve left them burning //). Namun, tak lama kemudian, White menjadi kasmaran di nomor “Fever”, “Summer Love”, dan “Electric Mind”. Sementara “Absolute” dipilih menjadi penutup yang akan membuat kita kaget di detik-detik terakhir.

Sebelas lagu dalam “Paradigm” mengalir dengan tenang, sampai-sampai saya tidak sadar sudah tiba di hilir. Album ini mengingatkan saya dengan “Eat, Sleep, Repeat” milik Copeland. Oh, entah mengapa, Radiohead sesekali melintas saat saya menyimak “Paradigm”.

Rate: 5/5. “Paradigm” adalah album terbaik yang saya dengar tahun ini (tadinya akan saya berikan pada Paramore, tapi, ah, maaf, Hayley Williams).

Selamat tenggelam bersama States,

erl.

image

Leave a Reply

