writing

[Review] Made of Stars: Dan Malaikat Pun Turun…

Dahulu, harapan adalah sesuatu yang menakutkan bagiku. Tak terhitung berapa kali dia membuatku kecewa dan kehilangan semangat hidup.

Namun, bintang jatuh yang melintas di langit Roma malam itu mengabulkan keinginan hatiku. Sesuatu yang selama ini kutahan di dalam mulutku, sesuatu yang tak pernah kuucapkan keras-keras, didengarkan oleh sebentuk bintang mati.

Dia pun datang.
Seseorang yang hanya hadir sebagai kembang tidurku, kini menjelma malaikat tanpa sayap. Dia yang melengkungkan senyum di bibirku, dan menyebarkan hangat di beku hatiku.
Dia membuatku berharap lagi….

*

Blurb-nya menipu.

Dalam konteks positif.

“Made of Stars” mencuri perhatian saya sejak cover-nya rilis (to be honest, saya paling suka cover GagasMedia yang kayak MoS ini). Mengambil latar tempat di Roma, Hana Krisviana menyuguhkan cerita cinta yang berbeda.

Di bab satu, cerita mengalir seperti kebanyakan novel. Pengenalan tiga tokoh utama–Bree, Zach, dan Milo–yang didominasi oleh narasi membuat saya agak lelah. Tapi, saya terus melanjutkan sampai tiba-tiba muncul tokoh baru yang akan terus membawakan kejutan hingga akhir cerita: Anael.

“Made of Stars” sekilas mengingatkan saya pada drama Korea berjudul “49 Days”. Tentu yang ini memiliki nuansa berbeda. Dibumbui hal-hal yang berkaitan dengan Roma–dari yang kuno sampai modern. Hana membuat saya mengawang-ngawang bersama Bree dan Anael. Jatuh hati dengan pengetahuannya tentang drama dan puisi klasik (Emily Dickinson! Virgil!). Pun iri dengan deskripsinya yang detil dan membuat emosi saya terkocok-kocok.

Rate: 3.5/5. Sekali lagi, mungkin porsi narasinya bisa dikurangi. Namun sejauh ini, “Made of Stars” really made my days.

Selamat menemukan harapan,

erl.

image

Leave a Reply

