Life · writing

Hróña Pollá

image

Usia saya belum genap 13 tahun saat kali pertama mengenal GagasMedia. Tepatnya di akhir 2005 lewat “Cintapuccino” karya Icha Rahmanti. Sampai sekarang, saya tidak menyangka jika ‘pertemuan’ itu menjadi tanda kalau delapan tahun kemudian saya menerbitkan novel di GagasMedia.

Konon setiap tulisan akan menemukan jodohnya sendiri. Selama sekian tahun menjadi pembaca buku dari berbagai penerbit, keinginan saya untuk menerbitkan novel di GagasMedia tidak terlalu besar (tolong jangan timpuk saya dulu). Kenapa? Karena–sebagai penulis yang gampang minder dan pemalu–saya melihat GagasMedia sebagai salah satu penerbit besar yang sulit ditembus. Saya ngiler, sih, melihat cover novel-novelnya yang eye-catching. Tetapi, ah, sudahlah. Mustahil meluluhkan mereka, pikir saya saat itu.

Jadi, saat Jia Effendie menghubungi saya di akhir April 2013 dan memberi kabar gembira (tentunya bukan tentang ekstrak kulit manggis), saya kaget luar biasa. Tahun lalu, saya iseng mengirim naskah ke GagasMedia (setelah ditolak beberapa penerbit dan membuat saya hampir putus asa). Lho, ternyata diterima. Maka, masih setengah bingung dan excited, saya mulai menjalani proses panjang dari kelahiran sebuah novel; revisi, penyuntingan, proofreading, pra-cetak, hingga “Athena: Eureka” terbit di pengujung tahun 2013.

Beberapa bulan setelah novel debut saya lahir, datang kesempatan baru: saya diterima magang selama tiga bulan di Redaksi GagasMedia Bandung. Pengalaman masuk ke ‘dapur’ redaksi membuat saya makin menghargai sebuah buku. Prosesnya tidak semudah saat kita masuk ke toko buku, mengambil beberapa novel, membayarnya, lalu membacanya di rumah. Kendati sebentar, saya mendapatkan banyak pelajaran dari GagasMedia–sebagai penulis maupun staf sementara.

Nine years passed by and I found myself here–as a part of GagasMedia‘s family. Di ulang tahunnya yang kesebelas, saya menghaturkan terima kasih dan doa-doa terbaik untuk GagasMedia. Semoga karya-karyanya semakin berkualitas dan dapat diterima oleh masyarakat luas.

Hróña Pollá!*

erl.

[*selamat ulang tahun]

2 thoughts on “Hróña Pollá

Leave a Reply

