music · writing

[Review] The Sun of Pandora by A.F.F.E.N

image

Track list:

01. Emily
02. Home
03. Last Lullaby
04. Like Life’s Easily Ended
05. Same Sky
06. Pulang (bonus track)

*

A.F.F.E.N stands for Anatomy for Fabulous Emergency Noise, tetapi beberapa bulan yang lalu mereka mengganti nama menjadi Troü dengan formasi baru. Have I mentioned they’re from Bandung? “The Sun of Pandora” sendiri rilis dua tahun 2012, berisi enam lagu yang membawa nuansa berbeda untuk telinga saya.

I sum it as indie-pop/post-rock, meski saya menemukan berbagai aliran musik dalam “The Sun of Pandora” (saya juga melabeli musik mereka dengan aliran ‘mengawang-awang’). Dimulai dari “Emily” yang pada awalnya dreamy, lalu mengentak di akhir dengan kor ‘lalalalala’. Kemudian “Home” yang mengingatkan saya dengan kenyamanan rumah.

“Last Lullaby” somehow reminds me with Copeland’s song dengan lirik yang terdengar seperti nasihat seorang ibu (All she ever said / Was to live my life in happiness / She hates to see me sad). “Like Life’s Easily Ended”–the single hit–menjadi lagu yang menurut saya sing-a-long able dengan lirik yang mudah diingat (the “it’s gonna rain” chorus, especially). Lagu berikutnya, “Same Sky”, dengan satu baris yang mendorong saya untuk sesekali mendongak ke arah langit (“As long as I know you’re smiling there / Under the same sky“). Ditutup dengan “Pulang” yang merupakan versi Bahasa Indonesia dari “Home” (saya juga lebih suka dengan lirik “Pulang”, terutama di bagian Ke tempat di mana bertemu / Segala bentuk balas rindu).

Secara keseluruhan, saya menikmati “The Sun of Pandora”. Musik yang dibawakan Troü seperti representasi dari kota di mana saya lahir dan tinggal sekarang. There is a little bit of traditonal atmosphere on the guitar, fully on the dreamy, magical voice (kadang terdengar seperti nyinden), with modern heavy drum beats. Don’t forget the cello–the epic cello.

Rate: 4/5. Kalau kalian warga Bandung atau ingin bertualang di kota ini, saya merekomendasikan “The Sun of Pandora” untuk masuk ke dalam playlist.

erl.

Leave a Reply

