Life · writing

Thank You!

Writing ‘thanks to’ part has been my favorite, although I find it hard sometimes. Kali ini, saya ingin berterimakasih pada tempat yang melahirkan saya sebagai penulis secara sah; titik awal di mana saya mulai merangkak hingga bisa berjalan sampai sekarang.

Nulisbuku.com

Saya menemukan akun Nulisbuku dari akun Sitta Karina sekitar empat tahun yang lalu–tepatnya Oktober 2014. Saat itu, saya baru masuk kuliah dan sedang membangkitkan kembali gairah menulis yang sempat loyo. Nulisbuku pun baru lahir dan tengah gencar mengenalkan diri mereka sebagai first online self-publishing di Indonesia.

Saya ikut dalam proyek charity mereka untuk Yogyakarta. Cerpen saya masuk ke salah satu antologi yang royaltinya akan disumbangkan untuk para korban bencana. Sebagai pemula, saya senang bukan main karena akhirnya ada satu tulisan yang terbit dan membuat saya ketagihan.

Muncullah Pandora’s Box di awal tahun 2011. Novel tersebut jadi debut yang benar-benar saya urus sendiri dari naskah sampai sampul buku. Pandora’s menjadi kakak dari empat adik yang muncul dalam beberapa bulan berikutnya: Lonely Lullaby, Season’s Circle, Retrace dan The Paper Bird Songs*. Selain mereka, saya juga menyumbang cerpen ke beberapa antologi yang diterbitkan Nulisbuku.

Tapi, karena saya payah dalam urusan jual-menjual, novel-novel tadi tidak masuk wilayah laku. Well, it doesn’t matter anyway. Rasa puas menerbitkan saja tidak bisa dibayar dengan emas sekalipun.

Pindah

Di tengah-tengah masa kuliah, rasa percaya diri saya untuk menulis semakin tinggi. Saya mulai memikirkan ulang pertanyaan, “Kapan novelnya masuk major publisher?”. Saya kadang melamun di depan rak toko buku; membayangkan novel saya muncul di sana. Lucunya, tulisan perdana saya yang muncul di publik adalah sebuah artikel di koran lokal. Lumayan. Saya kian yakin untuk menembus penerbit besar.

Dengan bekal pengalaman dari Nulisbuku, saya mengirim naskah ke beberapa penerbit. Saya juga ikut lomba untuk mengukur kualitas tulisan saya. Saya pun ikut kelas penulisan dari satu penerbit.

Sayang, semuanya gagal.

Menuju pertengahan tahun 2013, saya sempat berpikir, “Oke, kalau sampai bulan Juni nggak ada yang terima naskahku, aku vakum nulis novel sampai skripsi beres!”. Selang beberapa minggu, tepatnya akhir April 2013, saya mendapat telepon dari seorang editor Gagas Media.

Naskah saya diterima.

Mimpi yang Tercapai

Athena: EUREKA! lahir di bulan Desember 2013, nyaris satu tahun yang lalu. Setelah kelahirannya pula saya mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berharga. Namun, saya juga tahu jika Athena bukan akhir dari perjalanan menulis saya.

Seperti kemarin, kala saya dinyatakan lulus sidang skripsi dan melepas status mahasiswa yang sudah saya pakai selama empat tahun. Sebentar lagi, saya akan terjun ke dunia yang sebenarnya. Lantas, sebelum kembali sibuk, saya memutuskan untuk bernostalgia.

Salah satu nama yang mencuat dari kepala saya adalah Nulisbuku.

Dalam satu-dua kesempatan, pada tugas-tugas kuliah dan ujian, saya mengambil Nulisbuku sebagai topik. Di Acknowledgement skripsi, saya juga berterimakasih pada mereka (Gagas Media and Nulisbuku for being the places for the writer to learn writing for good and achieving her dream).

Well, saya jadi kangen berat. Saya melewati masa-masa menjadi mahasiswa-lalu-penulis bersama Nulisbuku. Saya juga jadi ingat kalau ada revisi naskah yang harus diselesaikan. *eh*

Maka, terima kasih, Nulisbuku. What would happen if we didn’t ever meet?

erl.

ps: sebenarnya, saya sudah menarik empat novel awal dari Nulisbuku untuk dirombak. Sementara untuk The Paper Bird Songs, umh, saya simpan kejutannya buat nanti, deh.

Leave a Reply

