project · writing

A Waking Dream: Troü

Saya suka menyisipkan lagu-lagu di cerita seperti soundtrack untuk film. Kadang, ada beberapa bagian yang membutuhkan dukungan selain dari kata-kata. Menurut saya, musik adalah elemen lain yang dapat menunjang sebuah kisah.

So does with A Waking Dream. Awalnya, konsep playlist untuk naskah ini serupa dengan Athena: sub judul berupa nukilan lirik lagu. Bedanya, seluruh band-nya berasal dari Indonesia dan saya memprioritaskan musisi asal Bandung.

Namun, saya baru tahu jika mulai tahun ini, ada larangan untuk menulis lirik di media mana pun, kecuali si pemilik lagu memberi izin atau kita membayar royalti (berlaku di Indonesia, lho). Jadi, playlist A Waking Dream yang sudah berisi dua puluh lagu itu nyaris sia-sia.

Nyaris karena saya belum mau melepas begitu saja lagu-lagu itu. Tapi, kalau saya ingin mempertahankannya, berarti saya harus minta izin ke… dua puluh band. Maka, saya memutuskan untuk mengaudisi band-band tersebut hingga keluar satu nama: AFFEN. Tapi, pada pertengahan tahun 2014, AFFEN memutuskan untuk mengganti formasi dan mengubah nama menjadi Troü.

Trou2

Apalah arti nama—menurut saya—kalau musiknya masih bagus dan cocok untuk mewakili A Waking Dream. Sejak kali pertama mendengar lagunya, saya berpikir, “This is what I’ve been looking for.” Saya melabeli genre mereka sebagai musik mengawang-awang. Kalau kalian penasaran, sila berkelana di laman Soundcloud mereka (have a listen for my favorite, Like Life’s Easily Ended).

Setelah dealing izin lagu dan ide, saya memilah lima lagu untuk dimasukkan ke dalam naskah. Hal ini membuat cerita juga dibagi menjadi lima bagian yang dbuka dengan potongan bait dari masing-masing. Mudah? Tidak juga. Beberapa kali, saya harus memindahkan lagu ke bagian yang tepat.

Oh ya, saya juga menyempatkan diri untuk menyaksikan Troü secara live (salah satu ulasannya di sini). Aksi panggung mereka berkontribusi besar untuk salah satu bagian di A Waking Dream. Terutama untuk dua tokoh utama dalam cerita ini, Selva dan Razzi.

mtf_qbDXf_107[1]

Ready to feel the city breeze with Troü?

 

erl.

Leave a Reply

