project · writing

A Waking Dream: Sinestesia

Awalnya, kata kunci ketiga yang akan saya berikan adalah kedai teh. Namun, seiring dengan proses revisi, saya memikirkan ulang hal tersebut. Kedai teh memang tidak sepopuler coffee shop, tapi juga bukan hal asing di telinga kita. Maka, saya menggantinya dengan istilah yang baru masuk saat melakukan revisi baru: sinestesia.

Dalam KBBI, sinestesia berarti metafora berupa ungkapan yang bersangkutan dengan indra yang dipakai untuk objek atau konsep tertentu, biasanya disangkutkan dengan indra lain. Nah, tapi dalam A Waking Dream, bukan metafora yang saya maksud. Sinestesia dalam cerita saya nanti merupakan kondisi ketika sensasi-sensasi dalam sebuah modalitas perseptual (misalnya penglihatan) dialami juga oleh modalitas lain (seperti pendengaran). Mereka dapat mencecap bentuk, meraba bunyi, dan melihat angka atau huruf dalam warna.

Saya agak kesulitan mencari data akurat tentang sinestesia (Wikipedia menyediakan satu laman, tapi saya tidak bisa bersandar penuh pada situs ini). Menurut sebuah artikel yang saya temukan di Internet, mereka yang punya sinestesia jumlahnya hanya 1% dari populasi penduduk di dunia.

Kemudian, editor saya memberi referensi yang cukup memberi gambaran tentang sinestesia. Sebuah novel dari Wendy Mass berjudul A Mango Shaped-Space. Kendati tokoh utamanya masih berusia 13 tahun, saya mendapatkan konflik untuk orang dengan sinestesia.

Lantas, saya harus mendalami lagi tokoh utama pria dalam A Waking Dream, Razzi. Dengan sinestesia sound-to-colour (dapat melihat warna dalam bebunyian), Razzi berusaha membiasakan diri dengan kemunculan warna-warna dalam hidupnya. Ditambah tekanan dari orang-orang di sekitarnya yang menganggap kondisi tersebut sebagai halusinasi belaka.

Setelah kata kunci ketiga ini, saya akan berbagi teaser dari A Waking Dream di Wattpad selepas revisi. Can’t wait to share you the story of this synesthesia thing!

erl.

Synesthesia
Leave a Reply

