writing

[Writing] Five Example Parts to Write Romantic Scenes

Have you ever stuck to write romantic scenes? No need to worry. Saya punya lima film bagus sebagai rujukan!

waltz2

Menjadi penulis fiksi roman tidak luput dari keringnya ide menulis adegan romantis. Saya kadang menemukan jalan buntu, padahal tokoh-tokohnya sudah dapat chemistry. Adegan seperti memberi cokelat, sebuket mawar, atau makan malam romantis sudah sering dipakai. Mustahil menggunakan formula sama, sebab pembaca—bahkan saya sebagai penulis—bosan menemukan bagian tersebut saat membaca novel. Maka, saya mencari referensi. Selain buku, film menjadi media yang baik untuk menggali inspirasi. Dari beberapa film yang sudah saya tonton, ada lima judul dengan adegan romantis yang terbilang sederhana, tetapi cukup melekat bagi penontonnya.

1. Kencan di IKEA 
Meski (500) Days of Summer (2009) rilis nyaris enam tahun yang lalu, sampai sekarang film arahan Marc Webb tersebut masih dibicarakan banyak orang. Salah satu bagiannya, di mana Tom Hansen (Joseph Gordon-Levitt) dan Summer Finn (Zooey Deschanel) kencan ke IKEA, menjadi tren pacaran baru. Siapa sangka memilih dish washer dan sofa di toko funitur bisa jadi acara bermesraan dengan pasangan?

 

2. Usil di kamar mandi
Dalam Take This Waltz (2011), Margot (Michelle Williams) sering mendapat gangguan dari shower saat dia sedang mandi. Mulanya, dia menganggap jika percikan air tersebut berasal dari saluran air yang bermasalah. Sampai kemudian, ketika Margot mendapat gangguan lagi, suaminya, Lou (Seth Rogen), membuka tirai dan mengaku jika selama ini dia yang melakukannya. It’s a tear-jerking scene, actually. Tapi bisa jadi ide bagus buat adegan romantis.

 

3. Jalan-jalan di tengah hujan
Midnight in Paris (2011) mungkin jadi salah satu film yang membuat saya drooling, karena, shot, siapa yang tidak mau bertemu Ernest Hemingway dan F. Scott Fitzgerald? Selain itu, film besutan Woody Allen tersebut menyuguhkan adegan romantis ketika Gil (Owen Wilson) bertemu dengan Gabrielle (Léa Seydoux) dan menemukan fakta jika Paris terlihat sangat memukau di tengah hujan bagi mereka.

 

4. Berbagi playlist
Salah satu cara dari Greta (Keira Knightley) dengan Dan (Mark Ruffalo) untuk saling mengenal satu sama lain adalah bebagi playlist. Di Begin Again (2013), mereka menghabiskan malam bersama dengan bertukar lagu-lagu favorit. Sesekali, mereka berhenti bahkan berdansa dengan lagu yang berada dalam daftar. To be honest, it’s one of my favorite romantic scenes.

 

5. Keeping the last remaining link
[SPOILER ALERT] Meski The Grand Budapest Hotel (2014) awalnya berpusat pada Monsieur Gustave H. (Ralph Fiennes), cerita perlahan akan beralih pada Zero Moustafa (F. Murray Abraham). Di akhir cerita, Zero mengungkapkan jika alasannya mempertahankan hotel tersebut karena tempat itu merupakan peninggalan terakhir yang mengingatkannya kepada Agatha (Saoirse Ronan). I know it’s not a scene, but Zero’s reason is way too romantic.

 

Nah, lima film di atas adalah rekomendasi dari saya untuk menciptakan adegan romantis. Sebenarnya masih banyak judul yang ingin saya bagi, tetapi akan memakan waktu lama. Kalau kalian punya referensi lain, please share with me!

Selamat menulis.

erl.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s