[Review] Sanctuary

Pagi ini, mood saya agak berantakan karena menu breakfast di salah satu tempat makan favorit saya ternyata hanya tersedia sampai pukul sepuluh pagi. Padahal di media sosial, jadwal yang tercantum sampai pukul sebelas pagi. Saya datang sekitar pukul sepuluh lebih delapan menit  dengan ekspektasi masih bisa mendapatkan sarapan. Saya pikir, ya sudahlah. Kadung berada di tempat, saya memutuskan untuk menulis entri di hari kedua.

Omong-omong, saya jadi ingat topik tentang tempat favorit untuk menulis. Zaman sekolah dan kuliah dulu, saat uang saku masih pas-pasan, saya cukup puas dengan menulis di kamar sendiri. Namun, sekitar satu tahun setengah terakhir, saya mulai menjajal beberapa kafe dan restoran di Kota Bandung sebagai ‘kamar’ kedua untuk menulis. Meski tempat kelahiran saya dibanjiri tempat makan enak, tidak semuanya bisa dijadikan tempat menulis.

Di bawah ini ada lima tempat favorit yang sering saya kunjungi:

1. Bober Cafe 

Enaks di @bobercafe tadi dapet diskon 20%. Selamat ulang tahun, kesayangan! ♡

A post shared by Erlin Natawiria (@enatawiria) on

 

Saya kali pertama ke sini empat tahun yang lalu, tetapi baru menjadikannya surga menulis sekitar setahun silam. Meja favorit saya letaknya di pojok dekat tempat lesehan (nomor 26, if you want to know). Saya yang awalnya kurang nyaman menulis di tempat ramai, mulai membiasakan diri dengan kehadiran orang-orang asing di sini.  Sampai sekarang, Bober masih menjadi tempat pertama yang akan saya kunjungi kalau pengin nulis di luar.

Alamat Bober Cafe: Jalan Riau nomor 123, Bandung

2. Siete Cafe 

 

Meeting point favorit sejak magang di GagasMedia. Tempatnya yang lumayan strategis (dekat Simpang Dago) memudahkan orang-orang untuk menemukannya tanpa lama-lama kesasar (setidaknya buat saya yang mudah tersesat). Berbeda dengan Bober, saya enggak punya meja favorit di sini. Selama ada meja yang lumayan mojok, pasti akan saya tempati, sih.

Alamat Siete Cafe: Jalan Tongkeng No. 20, Sumur Bandung, Bandung

3. Todays Koffie

Glimpse of company. #coffeeshop #greentea

A post shared by Erlin Natawiria (@enatawiria) on

 

Kedai kopi cukup melekat kuat dengan penulis. Dari sekian kedai yang pernah saya kunjungi, Todays Koffie menjadi favorit saya. Kendati kecil, saya menyukai atmosfernya dan kedai ini jauh dari ingar-bingar kedai kopi di pusat perbelanjaan. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di sini untuk menulis atau sekadar menghabiskan secangkir kopi Vietnam.

Alamat Todays Koffie: Jl. Ir. H. Juanda (Dago) no. 374, Bandung.

4. Kineruku

Di Kineruku bersama @abi_ardianda.

A post shared by Erlin Natawiria (@enatawiria) on

 

Surga selanjutnya adalah perpustakaan kecil yang membuat saya jatuh hati pada pandangan pertama. Kineruku pada dasarnya adalah tempat berbaurnya para kutu buku dan penikmat musik. Selain itu, di bagian belakangnya, ada Garasi Opa yang menyuguhkan barang-barang vintage. Tempat menulis favorit saya ada di teras belakang Kineruku yang menghadap taman dan Garasi Opa.

Alamat Kineruku: Jl. Hegarmanah No. 52, Bandung.

5. Ngopi Doeloe

Dari beberapa cabang yang tersebar di Bandung, Ngopi Doeloe di Jl. Setiabudhi dan Purnawarman adalah dua tempat paling nyaman untuk menulis. Poin plusnya ada di sofa-sofa besar dan empuk yang kelewat enak dipakai buat menulis. Harga menunya juga bersahabat. Saya sendiri baru menulis di Ngopi Doeloe sejak mulai bekerja.

Alamat Ngopi Doeloe: Jl. Purnawarman dan Jl. Setiabudhi, Bandung.

Lima tempat di atas tadi adalah tempat-tempat rekomendasi saya buat menulis. Kalau kalian ada atau sedang berkunjung di Bandung, sila kunjungi tempat-tempat ini. Jika kalian juga punya rujukan lain, share di sini, yuk!

Have a nice day,

erl.

 

 

Leave a Reply

