review · writing

[Review] 7 Komik yang HARUS Kamu Baca di Webtoon

Sekitar lima bulan terakhir, saya gandrung baca komik-komik di Webtoon (padahal dulu sempat sewot baca tagline mereka di Google Play). Alasan unduh aplikasinya pun bukan karena pengin baca, tapi demi dapat koin gratisan (ha ha). Eh, tapi setelah iseng baca satu-dua komik, ternyata seru juga, ya. Lama-lama ngulik yang lain daaaan ketagihan.

Nah, di entri kali ini, saya mau merekomendasikan beberapa komik yang masuk ke daftar Subscribe saya di Webtoon. Sesungguhnya, ini bukan pekerjaan mudah, karena saya baca banyak komik di aplikasi ini.

Well, but here some of my favorites.

1. The Sound of Your Heart (Cho Seok)

Never I expected to read this hilarious comic, karena gambar di thumbnail-nya pun awalnya bukan tipe saya. Tapi, begitu baca episode kesatu… darn, I couldn’t handle my laugh. The Sound of Heart karya Cho Seok bercerita tentang kehidupan (random) sehari-hari dari sang komikus dan orang-orang di sekitarnya. Di bagian awal, kalian mungkin akan sedikit bingung dengan hubungan antar tokohnya. Tapi, lama-lama, kita hafal siapa saja tokoh yang muncul di komik tersebut sekaligus paham dengan jenis komedi yang dibawa oleh Cho Seok. The Sound of Your Heart lahir tahun 2006 dan masih terus berlanjut sampai sekarang dengan jumlah lebih dari 900 episode di situs Naver.

Similar comics: Trash Bird, Average Adventure of Average Girl.

citt

2. Cheese in the Trap (Soonkki)

Saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan komik ini. Cheese in the Trap bukan komik cecintaan biasa, karena kalian juga akan menemukan unsur lain seperti drama hingga suspense dalam beberapa episodenya. Komik karya Soonkki ini bercerita tentang Hong Seol, seorang mahasiswi pekerja keras, yang tiba-tiba menjadi akrab dengan mahasiswa tampan misterius di kampusnya, Yoo Jung. Di episode-episode awal, banyak pembaca yang bingung dan lelah karena plotnya berjalan lambat juga kebanyakan flash back. Tapi, ternyata, hal itu yang membuat Cheese in the Trap makin menarik dan bikin penasaran. Sejak tahun 2010, komik ini sudah masuk ke season 4 di Naver dan versi drama Korea-nya akan rilis 4 Januari 2016. Wee!

Similar comics: Where Tangents Meet, UnTouchable, Salty Studio.

totu

3. Tales of the Unusual (Seongdae Oh)

Thriller comics on Webtoon are the BEST that I can’t decide which one I have to put on this list. Saya juga sebenarnya penakut, tapi kalah sama rasa penasaran buat baca komik-komik ini. Tales of the Unusual karya Seongdae Oh merupakan kumpulan-kumpulan cerita yang bisa bikin kalian merinding sampai jijik nggak keruan. Tapi, jangan berpikir ada banyak hantu yang muncul di sini, karena Oh lebih banyak menampilkan cerita-cerita ganjil yang bikin kalian ngilu sampai ke tulang. Salah satu judul yang paling terkenal dan sering disebut adalah Beauty Water. Pemakaian warna hitam-putih di komik ini juga memberi kesan mencekam yang lebih tajam.

Similar comics: Friday: Forbidden Tales, The Red Book, Chiller.

ds

4. Distant Sky (Inwan Youn / Sunhee Kim)

Masih dari keluarga thriller (maaf yang lain, saya terpaksa pilih kasih sama genre ini), Distant Sky menawarkan ketegangan yang dibumbui fiksi ilmiah. Dalam komik ini, kalian akan bertemu dua anak SMA yang tiba-tiba terjaga di tengah reruntuhan bangunan dan… orang-orang mati.  Alih-alih melihat langit biru, yang mereka dapatkan saat mendongak adalah kegelapan total. Pemadaman listrik? Nah, you better read it. Saya sempat mual-mual saat membaca episode-episode awal, tapi keterusan dan baru berhenti pukul setengah tiga pagi. Gambarnya detail sekali sampai bikin saya merinding. Don’t ask about the plot twist. It wins.

Similar comics: Deep, HIVE.

yc

5. Yumi’s Cells (Donggun Lee)

Slide toon dari genre drama ini menceritakan kehidupan sehari-hari dari seorang wanita bernama Yumi. Satu hal yang unik dari Yumi’s Cells adalah sudut pandang yang dipilih oleh sang komikus. Sebab, sebagian besar cerita dibawakan oleh… sel-sel di otak Yumi! Kalian akan mengenal nama-nama sel tersebut sekaligus tugasnya di otak Yumi. Tingkah mereka tidak jarang membuat pembaca tertawa dan larut dalam kisah sang tokoh utama. Dalam beberapa episode, kalian juga bisa melihat sel-sel otak dari tokoh lain seperti Wook dan Ruby.

Similar comics: Mercworks, Midnight Rhapsody.

ad

6. About Death (Sini / Hyeono)

Ever wondering what will happen with your after life? About Death berisi kisah-kisah orang yang berkunjung ke ‘persinggahan’ sementara setelah mereka mati atau sedang sekarat dan bertemu sosok ‘Tuhan’. Di tempat singgah tersebut, mereka akan berbincang sebentar dengan ‘Tuhan’ sebagai proses evaluasi singkat sebelum mereka masuk ke kehidupan baru. Sebagian besar cerita di About Death bikin saya banjir air mata, sedangkan yang lainnya membuat saya merenung lama. Oh ya, catatan tambahan, tolong jangan bawa nama-nama agama tertentu saat baca komik ini (sepertinya bakal ada yang sensitif dengan konsep tokoh ‘Tuhan’ di About Death).

Similar comics: Annarasumanara.

mkaod

7. My Kitty and Old Dog (Cho)

Satu komik lagi yang bikin saya nangis adalah My Kitty and Old Dog. Komik yang baru selesai beberapa hari yang lalu ini berisi tentang Soondae, seekor kucing dengan penglihatan buram, dan Nang-nak, anjing tua yang sudah lama sakit. Kedua hewan ini dipelihara oleh Cho dan kedua orangtuanya. Selain mereka, ada juga hewan-hewan dan tokoh lain yang memeriahkan My Kitty and Old Dog (dan siap menyerang kalian dengan ninja-ninja bawang merah). Uniknya, beberapa episode dibawakan dari sudut pandang hewan-hewan tersebut dan membuat pembaca terharu, sedih, hingga tertawa.

Similar comics: All That We Hope to be, Roar Street Journal, Smile Brush.

Sebenarnya, masih banyak komik yang pengin saya jejalkan di daftar ini, tapi nanti malah kepanjangan. Judul-judul di bagian similar comics bisa dijadikan rekomendasi tambahan.

Selamat bertualang di Webtoon!

erl.

p.s.: Ah, saya sedang baca Noblesse, nih. Seru dan agak absurd juga, ya.

5 thoughts on “[Review] 7 Komik yang HARUS Kamu Baca di Webtoon

  1. Wah akhirnya nemu reviewer komik, salam kenal ya mbak…

    Belum add webtoon di google play sih, tapi sepertinya komik yang ditawarkan menarik dengan cerita yang cukup detil… Coba deh ane donlod hehe…

    1. Salam kenal juga. 😀

      Sebenarnya saya bikin ulasan komik karena memang lagi suka baca Webtoon. Saya suka baca buku juga. Masih banyak komik di Webtoon yang bagus dan harus dibaca. Coba dicek, ya. Terima kasih juga sudah mampir baca.

  2. Masih banyak lg cerita di webtoon yg menarik n seru kyak Eggnoid, Winter Wood, Lookism, 304th! Study Room, Wonderwall, Ingatkan Aku!, dan masih banyak yg lainnya. Kebetulan aku udah lama baca webtoon n udah hampir 30 judul yg aku subscribe krna mnarik critanya sampe kadang ngebayangin kalo sampe dibikin sbuah drama gitu. Tp makasih lho buat info rekomendasi judul webtoon yg kamu pilih. Bisa buat tambah list webtoon yg bs aku baca lg… 😊😍👏

  3. Pas banget kartunnya tentang kakanda Rai gue wkwk. Yaampun lagi ngais-ngais Noblesse ampe cari sub bahasa lain saking ga sanggup nunggu update Noblesse seminggu sekali. Btw komik nomer 7 gue ga sanggup lanjut. Langsung nangis krn kangen anjing gue 😟😭

Leave a Reply

