Life

[Review] How to Grow Them Great by Bebelac

Saya memang belum menikah, apalagi punya anak. Namun, status tidak harus jadi alasan untuk berhenti menggali ilmu, bukan? Meski masih lajang, sebagian teman wanita saya sudah menikah dan punya satu-dua anak. Tak jarang saya memperhatikan cara mereka merawat sang buah hati atau berbagi cerita (juga keluhan) di chat room.

Dari sana saya berpikir, bagaimana, ya, kalau saya sudah menikah dan punya anak nanti? Apa saya bisa mengurus dan membangun karakter yang baik untuk mereka?

Nah, lantas pada hari Sabtu, 26 Maret 2016, saya kembali mendapatkan sepotong ilmu berharga seputar parenting. Bertempat di Main Atrium, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Bebelac memperkenalkan sebuah kampanye yang laik disimak oleh para orangtua. Kampanye tersebut bernama #bebehero, di mana para orangtua—khususnya ibu—diajak untuk membangun kecerdasan emosional (EQ). Selain itu, para ibu juga dikenalkan pada cara pengembangan empati terhadap anak.

Untuk menunjang pertumbuhan yang optimal pada anak, dibutuhkan asupan nutrisi yang tepat seperti asam linoleat dan mineral. Kemudian, agar lebih seimbang, anak juga memerlukan vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari sayur, lauk-pauk, serta susu. Dalam hal ini, Bebelac dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan vitamin A, zinc, zat besi, iodium, dan kalsium.

Demi mewujudkan karakter yang baik dan menumbuhkan empati, diperlukan peran sang ibu sebagai pengajar pertama bagi putra-putrinya. Anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Semakin baik dan terkontrol seorang ibu dalam memberi contoh, semakin bagus juga perilaku sang anak.

20160326_110022

Menurut Andi Airin, selaku Senior Brand Manajer Bebelac, pemberian nutrisi yang optimal dapat diberikan oleh ibu sejak masih mengandung hingga anak berusia dua tahun. Jika pertumbuhannya baik, maka anak pun akan lebih cepat tanggap dalam mempelajari hal-hal di sekitarnya. Selain itu, mereka juga akan mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, sekaligus rasa empati yang baik. Andi pun menuturkan pengalaman tentang anaknya yang hafal dengan jam pulang kerja dan selalu menyambutnya setiap kali tiba di rumah.

Sedangkan psikolog Roslina Verauli memaparkan tentang cara mengembangkan empati anak sejak dari rumah. Sebab empati merupakan gerbang dari aksi kepedulian terhadap orang lain. Empati juga menjadi pendukung terbentuknya karakter kepahlawanan yang tentunya tidak harus tercermin dalam aksi yang besar. Contohnya dituturkan oleh pesepakbola nasional, Bambang Pamungkas. Untuk menumbuhkan empati tersebut, Bambang akan menunjukkan nilai-nilai kebaikan, bahkan dari hal yang paling kecil sekalipun. Salah satunya adalah membantu sang anak untuk menyumbangkan pakaian kepada yayasan yang dia kelola.

Bukan hanya dari para pembicara saja, dalam sesi tanya-jawab pun saya mendapatkan banyak pelajaran tentang parenting. Di antaranya dengan mencegah terlahirnya golden child atau anak emas yang menimbulkan kecemburuan pada anak lainnya. Menurut Roslina, hal tadi ternyata muncul karena orangtua tanpa sadar telah pilih kasih terhadap anak-anaknya. Lantas, ada juga yang ingin tahu sampai kapan pengembangan empati seorang anak harus diterapkan. Jawaban dari sang psikolog pun cukup mengejutkan: tidak ada batasan usia sama sekali.

20160326_112133

Oh ya, selain itu di venue Bebelac ada 14 stan permainan khusus anak-anak untuk mengembangkan kecerdasan emosional mereka. Saya lihat sih yang paling diminati adalah kolam bola yang berada tepat di belakang deretan kursi tamu. Tapi, semakin siang, semakin banyak anak yang datang dan mencoba stan-stan lainnya.

20160326_120535

Satu kata untuk acara dari Bebelac ini: seru! Saya bisa mengaplikasikan ilmu dari para pembicara tadi kalau sudah punya anak di kemudian hari.

20160326_120553

erl.

 

ps: sst, Bebelac sedang mencari sosok #bebehero! Hadiah utama yang akan pemenang dapatkan adalah kesempatan untuk jadi bintang iklan Bebelac dan terbang ke Australia! Kontes ini berlangsung sampai tanggal 24 April 2016 dan keterangan lengkapnya bisa kalian klik di: http://bebeclub.co.id/growthemgreat/bebehero/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s