review · writing

[Review] 8 Komik Webtoon yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Halo, kembali lagi di ulasan komik-komik Webtoon! Sudah satu tahun lebih saya gandrung baca komik-komik di platform ini dan sampai sekarang belum ada tanda-tanda bakal bosan membacanya. Kenapa? Karena jumlah komik baru dengan ide dan gaya penceritaan yang oke makin banyak, yalaaaa. (Baca juga: 7 Komik yang Harus Kalian Baca di Webtoon)

Webtoon menyediakan komik-komik dari berbagai genre yang bisa dipilih sesuai dengan selera kalian. Mulai dari fantasi, horor, thriller, drama, komedi, slice of life, superhero, action, dan yang akan saya bahas di entri ini: romance. Sebagai salah satu genre yang paling diminati, jumlah komik romance di Webtoon bisa dibilang paling banyak; bersaing ketat dengan drama, komedi, dan thriller.

Kalau kalian masih newbie di Webtoon dan pengin baca kisah cecintaan yang tidak biasa, di bawah ini saya rekomendasikan delapan komik romance di Webtoon; dari versi bahasa Inggris dan Indonesia.

Cheese in the Trap (Soonkki) | Rate: 9.60 | Terbit setiap hari Minggu

cheese-minggu

Seol Hong is a hard-working student, who has returned to college after a long break. Jung Yu is a senior at the college known as Mr. Perfect. Seol feels like her life took a turn for the worse since she got involved with Jung. Is Jung intentionally turning Seol’s life?

Cheese in the Trap bukan sekadar komik tentang hubungan cowok tampan dan cewek biasa ala drama Korea (tapi komik ini pun dari Korea). Selain hubungan Hong Seol dan Yu Jung, pembaca juga akan bertemu dengan orang-orang di sekitar mereka, termasuk kakak-beradik Baek yang temperamental, In Ha dan In Ho. Awalnya saya kurang menikmati Cheese in the Trap karena alurnya lambaaaat dan porsi kilas balik yang terlalu banyak. Tapi setelah dibaca ulang, dua hal tadi justru jadi nilai tambah yang membuat saya bertahan mengikuti Cheese in the Trap.

Cheese in the Trap sudah masuk Season 4 dan kalau kalian enggak mau capek baca versi komik, ada dramanya, kok, meski enggak terlalu saya rekomendasikan. Satu lagi, yang paling menyenangkan dari Cheese in the Trap adalah plotnya yang melahirkan banyak asumsi dan hipotesis dari para pembacanya. Termasuk teka-teki retaknya hubungan Yu Jung dan In Ho yang masih belum terjawab sampai sekarang.

Siren’s Lament (instantmiso)| Rate: 9.70 | Terbit setiap hari Sabtu

siren-sabtu

Content with her ordinary life, Lyra is somewhat of a wallflower. However, her comfortable lifestyle suddenly goes astray when she accidentally plunges into the world of sirens. Entangled in a curse, Lyra will learn that her world may be a lot bigger than she had ever imagined.

Penggemar Where Tangents Meet pasti sudah tidak asing dengan Sirent’s Lament. Karya kedua dari instantmiso ini memang berbeda dari Tangents yang nuansa cintanya cukup kental. Sementara di Siren’s Lament, kita akan bertemu kisah romance berbumbu fantasi yang membuatnya terasa lebih segar. Seperti judulnya, instantmiso memakai siren, mahluk mitos setengah wanita setengah burung untuk Sirent’s Lament. Dalam mitologi Yunani, siren dikenal sering membuat pelaut dan nelayan tak sadarkan diri dengan nyanyian mereka sampai kapal korban hancur tertabrak karang.

Sementara di Sirent’s Lament, pembaca akan bertemu siren yang, umh… tampan. Tapi gara-gara si siren bernama Ian, hidup Lyra yang sebelumnya datar-datar saja berubah 180 derajat setelah dia tanpa sengaja terikat perjanjian yang mengubahnya menjadi siren. Sejauh ini saya masih menikmati Siren’s Lament, karena selain gambarnya yang tipe saya banget, ada background music di setiap cerita dari kennycomics yang semakin menghidupkan cerita.

Super Secret (eon) | Rate: 9.81 | Terbit setiap hari Rabu

super-rabu

The boy next door, friends for life, is actually a werewolf!

Super Secret is a kind of comic that will make you go ‘uuunch’ all the way. Gaya berceritanya pun agak berbeda dari komik kebanyakan di Webtoon, karena Super Secret menggunakan format 4coma untuk setiap babnya. Oh dan ini bukan cerita macam vampir bling-bling versus segerombolan shape-shifter ala Twilight, ya. Super Secret adalah komik romance ringan yang menceritakan tentang Emma (Eunho di versi Korea) yang bersahabat baik dengan Ryan (Gyeonwo di versi Korea) sejak mereka masih kecil.

Terlihat klise? Memang, tapi yang membuat cerita ini unik adalah twist supernatural yang sang komikus perlihatkan sejak awal cerita. Emma yang clumsy dan polos tidak sadar kalau selama ini orang-orang di sekitarnya adalah jelmaan mahluk-mahluk yang selama ini kita kenal dalam mitos dan legenda. Selain sosok Ryan si werewolf, pembaca akan bertemu dengan apsara, penyihir, gumiho, sampai Frankenstein. Sekilas bikin seram, ya, tapi karena genre-nya romance, twist tersebut yang membuat Super Secret jadi manis  sekaligus magis.

Miss Abott and the Doctor (Maripaz Villar) | Rate: 9.76 | Terbit setiap hari Sabtu

abott-sabtu

Doctor Andreas Marino loves his quiet life, filled with work and simple amusements, and when the strange Miss Abbott arrives in his town he decides he doesn’t like her at all. Unfortunatelly she’s funny and quirky, has an uncommon past and seems to enjoy getting him in trouble. Welcome to a sketchy Victorian rom-com!

Saya sudah mengikuti komik ini sejak masih ada di Discover. Akhirnya setelah menunggu selama lebih dari 50 bab, Miss Abott and the Doctor dipinang Webtoon ke deretan Official. Saat kali pertama membaca, gaya menggambar Villar langsung mengingatkan saya pada tokoh-tokoh Disney. Lalu meski tampil dalam format sketsa  hitam-putih, penokohan Cati / Miss Abott dan Andreas / Dokter Marino yang kuat membuat cerita Miss Abott and the Doctor bukan sekadar menarik, tapi juga ringan dan menyenangkan untuk diulik.

Cati adalah seorang gadis dengan jiwa petualang yang kuat, sedangkan Andreas adalah dokter yang kadang kelewat logis dalam mencerna sesuatu. Mulanya Andreas berusaha mati-matian menghindari Cati. Namun, masalah-masalah yang dibuat Cati justru semakin menyeret Andreas kepada gadis tersebut. Also, one of them is tsundere, so the story is getting cuter in every chapter. Pemakaian latar waktu di zaman Victoria di Miss Abott and the Doctor pun mengingatkan saya dengan beberapa cerita karya Jane Austen.

Sweet EccapE (kiyoshin_) | Rate: 9.69 | Terbit setiap hari Minggu

sweet-minggu

Punya pacar idol?

Kalian fangirl? Berarti Sweet EscapE adalah komik romance lokal yang wajib dibaca. Saya sudah mengikuti cerita Nana sejak masih nongkrong di Webtoon Challenge. Berkat skill menggambar yang oke dan penceritaan mengalir, rasanya tidak berlebihan kalau Sweet EscapE menjadi salah satu komik berkualitas yang kemudian ditarik Webtoon ke bangku Official. Selain itu, komik ini pasti akan membuat para fangirl jadi halu dan delu, sekaligus iri karena pengin punya pengalaman terjebak dengan bias-nya di luar negeri.

Sweet EscapE bercerita tentang Nana, seorang fangirl, yang tanpa sengaja bertemu idolanya, Jun dari JI:NX saat berlibur di Venesia. Sementara itu, Jun ternyata sedang menghindar dari grup dan manajemannya. Dalam situasi yang kepepet, Jun mau tak mau harus berurusan dengan Nana untuk bersembunyi. Lalu Nana, sebagai penggemar… just do what she has to do as a fangirl. Hihi. Sejauh ini, Sweet EscapE sudah sukses membuat pembacanya berkhayal supaya bisa punya nasib seberuntung Nana.

Flawless (Shinshinhye) | Rate: 9.64 | Terbit setiap hari Rabu

flawless-rabu

Sarah, si cewek tangguh tidak sengaja bertemu Elios pemuda tunanetra seusianya. Elios begitu misterius, bikin Sarah penasaran. Apakah Sarah jatuh cinta? Mungkin ada sesuatu di balik ini semua?

Saya suka dua tokoh utama di komik ini, karena mereka sama-sama badass. Sarah adalah remaja yang masih duduk di bangku SMP, tapi jangan berani macam-macam sama dia karena cewek ini tahu caranya berkelahi. Sementara Elios dengan keterbatasannya justru tampil memukau karena sanggup mengembangkan empat indranya yang lain dan membuat pembaca penasaran karena  bagian matanya selalu ditutupi dengan poni. Flawless, seperti gambaran singkat ceritanya, bukan sekadar cerita cinta remaja kebanyakan.

Lewat goresan tangannya, Shinshinhye berhasil menghidupkan Sarah dan Elios sebagai sosok remaja yang tidak biasa, tetapi juga tidak sok dewasa. Mereka menghadapi masalah-masalah yang muncul tanpa meninggalkan kesan anak SMP yang apa adanya. Setiap episodenya membuat pembaca penasaran dan terus menebak apa yang terjadi dengan Sarah dan Elios, serta masa lalu yang membayangi mereka berdua.

Terlambat Jatuh Cinta (xzbonbon) | Rate: 9.65 | Terbit setiap hari Selasa

terlambat-selasa

Populer dan banyak digemari di kampus, itulah Barney. Ia selalu mendengar ungkapan perasaan dari para perempuan, termasuk Elvira. Tapi Elvira ternyata tidak punya waktu lama. Apa yang harus Barney lakukan sebelum terlambat?

Sejak kemunculannya di Webtoon Challenge, saya tahu kalau Terlambat Jatuh Cinta kelak akan masuk jajaran Official. Selain cerita yang enak diikuti, sang komikus juga mempunyai ciri khas pada gambarnya. Sekilas mengingatkan saya kepada Cheese in the Trap karena kedua tokoh utamanya masih duduk di bangku kuliah. Terlambat Jatuh Cinta mengisahkan tentang Barney, cowok yang paling dikagumi satu kampus. Selain tampan, Barney juga cerdas dan pandai bersosialisasi baik dengan teman sampai dosen di kampus tersebut.

Sampai kemudian Barney bertemu dengan Elvira; mahasiswi yang terang-terangan menunjukkan rasa sukanya terhadap cowok tersebut. Di awal cerita, pembaca sudah diberi hint kalau Elvira sedang bertarung dengan sebuah penyakit. Namun yang saya suka dari sosok Elvira adalah… dia tidak bersikap mellow dan menyedihkan. Elvira bukan hanya polos, tapi juga bocor dan kadang bersikap enggak tahu malu di depan Barney. Hal itu yang justru mendekatkan mereka berdua dan membuat pembaca sering bergumam, hasemeleh hasemeleh.

#moments (MOE / Remaja Shoujo) | Rate: 9.46 | Terbit setiap hari Sabtu

moments-sabtu

Kumpulan cerita manis dari curhatan orang-orang di sekitarmu – teman, keluarga, kecengan, mantan, atau bisa jadi ceritamu sendiri (*∀-)☆. Kisah-kisah romantis di balik setiap momen-momen pertemuan dan perasaan yang tertinggal setelahnya…

Sengaja ditaruh paling terakhir, karena saya paling suka komik ini. #moments sudah saya ikuti dari Webtoon Challenge dan butuh waktu berbulan-bulan sampai akhirnya mereka tembus ke Official. Berbeda dari judul-judul di atas, #moments mengingatkan saya dengan format antologi cerita pendek. Meski kisahnya berbeda-beda, tetapi ada benang merah yang menghubungkannya. Lalu karena digambar oleh beberapa komikus, pembaca akan bertemu dengan gaya menggambar dan cerita yang baru juga di setiap jilidnya.

Sejauh ini #moments sedang menceritakan kisah para murid SMA yang sedang mengurus sebuah pensi. Satu hal yang paling saya suka adalah ceritanya yang realistis, sehingga membuat tokoh-tokoh dalam komik ini begitu dekat dengan pembaca. Saya sampai pengin balik lagi ke SMA gara-gara membaca #moments. Kemudian, latar tempat sekolahnya ternyata diambil dari salah satu SMA terkenal di Bandung, jadi makin terasa personal buat saya yang tinggal di kota tersebut. Kalau kalian ingin bernostalgia ke masa putih-abu, #moments adalah pilihan terbaik di Webtoon.

Masih ada banyaaak komik romance yang disediakan Webtoon. Kalian bisa ulik langsung di website atau unduh aplikasinya. By the way, ini bukan artikel endorse, ya. Webtoon adalah salah satu wadah buat saya untuk mencari inspirasi dan ada banyak hal yang saya pelajari dari platform ini.

Sekian rekomendasi komik romance dari saya. Kalau ada waktu luang (dan lagi santai seperti sekarang), saya bakal bagikan daftar dari genre lain. Mungkin thriller / horor atau slice of life.

Selamat membaca (dan ketagihan)!

 

erl.

Capture

Advertisements

One thought on “[Review] 8 Komik Webtoon yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s