project · writing

[Blog Tour and Giveaway] Day 2: Meet the Characters

day2

Halooo, jumpa lagi di blog tour & giveaway The Playlist! Sesuai janji kemarin, kali ini kita bakal kenalan sama tokoh-tokoh utama di ceritanya. [Baca juga: Day 1: Kisah di Balik Judul]

Saya sempat bingung menentukan sudut pandang untuk The Playlist, tapi pada akhirnya saya memilih sudut pandang orang kesatu. Soalnya waktu pakai orang ketiga, narasinya malah terkesan kaku (mungkin efek dari menulis skripsi itu). Menulis dari sudut pandang orang kesatu tidak terlalu sulit, karena saya tidak perlu ‘pindah-pindah’ ke tokoh lain. Kekurangannya, saya bisa bikin pembaca bosan kalau si tokoh utama hanya berputar di tempat-tempat yang sama.

Syukurnya tokoh utama di The Playlist, Winona, adalah food writer yang sering mendapat tugas meliput tempat makan di Bandung. Jadi, sekalian menjelajah spot-spot kuliner oke saat riset.

Nah untuk lebih jelasnya, kita dalami masing-masing profil dari para tokoh The Playlist dan inspirasinya berikut ini.

Winona Firnandita, 25 tahun, food writer

1-winonaWinona sudah lama saya simpan di daftar nama dan begitu ide The Playlist lahir, saya serta-merta mengambil nama tersebut. Is that name special for me? Bisa dibilang begitu. Saya dulu punya teman bernama Winona. Kami sebenarnya hanya berinteraksi lewat Facebook, tapi sayangnya dia menghapus media sosialnya saat saya ingin kembali berkomunikasi. Selain itu, namanya terdengar klasik dan… cantik(?).

Winona is actually an average woman. Sosoknya sering saya temukan pada wanita-wanita dewasa kekinian di Bandung; punya pekerjaan oke, lingkup sosial luas, dan kehidupan asmara yang menjanjikan. Oh, tapi tentunya kehidupan Winona di The Playlist tidak semulus itu. Di awal cerita, kalian akan menemukan sosok Winona yang sedang berada di dalam kubangan duka dan berusaha untuk keluar dari sana.

Penokohan Winona juga mendapat pengaruh besar dari beberapa karakter fiksi lain. Salah satunya Gretta, tokoh utama di film Begin Again. Selama menulis draf awal The Playlist, saya selalu membayangkan sosok Keira Knightley dengan wardrobe kece di film tersebut sebagai Winona. Namun saat menulis ulang draf The Playlist, referensinya mulai bergeser sampai saya menemukan sosok Kiko Mizuhara.1-winona-kei

Ethan Aryadi, 27 tahun, jurnalis musik

3-ethan

Ethan adalah sosok mantan terindah yang bikin Winona selalu salah tingkah di awal cerita. Nah, dibandingkan Winona, penokohan Ethan melewati banyak perubahan. Ada perbedaan jauh di antara Ethan versi draf awal dengan Ethan versi buku. Kalian yang sempat membaca The Playlist di Wattpad tahun 2015 pasti bisa merasakan perubahan karakter si tampan ini. Hmm, gimana bilangnya, ya? Well, he was a little bit… naughty? :))

Lantas, kenapa pada akhirnya saya merombak penokohan Ethan? Karena kalau saya tetap pakai karakternya yang dulu, cerita The Playlist enggak akan maju-maju. Chemistry Ethan dengan Winona yang terlalu kuat juga sempat bikin saya bimbang buat menentukan nasib mereka berdua. Kayaknya emang susah ya bikin tokoh mantan terindah yang bentar-bentar bikin galau. *eh, gimana?*

Ethan is heavily influenced by Xavier from Chinese Puzzle. Dalam film ini, si aktor ganteng Romain Duris berperan sebagai penulis asal Perancis yang nekat berkelana ke Amerika Serikat. Sepertinya gaya hidup Xavier yang terbilang bebas ini masuk juga ke Ethan dan bikin saya kewalahan sendiri. Tapi, filmnya bagus, kok. Unsur romance-nya berbeda dari film-film Amerika dan terkesan lebih realistis plus unik.3-ethan-rom

Aries Himadri, 29 tahun, pemilik tempat makan No. 46

2-aries

Kalian mau tahu siapa tokoh yang bikin saya frustrasi selama menulis The Playlist? Yes, Aries. Dibandingkan Winona dan Ethan, Aries sangat, sangat sulit ‘didekati’. Di draf awal, Aries sebenarnya lebih bersahabat dibandingkan versi buku, tapi enggak tahu kenapa pas nulis ulang drafnya, dia kembali tertutup. Lebih malah. Saya nyaris membuatnya jadi lebih terbuka, tapi kayaknya enggak bakal seru, deh.

Salah satu hal yang membuat karakter Aries cukup kompleks adalah latar belakangnya yang sangat suram. Selain itu, pengalaman yang Aries alami akan membuatnya jadi tokoh yang riskan. Sebagian dari kalian mungkin akan menganggapnya aneh, tapi mungkin ada juga yang biasa-biasa saja. Syukurnya saat The Playlist menyentuh pertengahan cerita, Aries mulai mau membuka diri. Jadi saya enggak kelamaan frustrasinya.

Lalu KENAPA Seth Rogen? Personal, sih: saya suka Seth Rogen. Apalagi waktu dia main film drama Take This Waltz. Di flm ini, Seth berperan sebagai Lou, chef dan penulis buku yang suka masak ayam. In other words, Aries is fully inspired by Lou. Lalu berkat jumlah fangirls yang terus meningkat, Aries yang tadinya enggak ganteng-ganteng amat bertransformasi dari koki tampan di versi buku. :))2-aries-sethWah, panjang juga curhatnya.

Selain tiga tokoh utama di atas, kalian juga akan bertemu beberapa tokoh pendamping yang ikut mengisi The Playlist. Bahkan salah satunya bakal jadi penting di paruh terakhir cerita, jadi simak baik-baik setiap kemunculan tokoh-tokoh figuran di The Playlist, okeeeh.

Omong-omong, tiga film di atas juga menjadi referensi saat saya menulis draf awal The Playlist, terutama Take This Waltz. Bukan karena pilih kasih karena Seth Rogen-nya, ya, tapi alurnya benar-benar bikin gemas dengan akhir cerita yang tanpa diduga bikin saya nangis kejer. Hampir sama dengan Begin Again, cuma Waltz itu… ah, sudahlah. Kalau kalian penasaran, sila tonton.

Yak, terima kasih sudah menyimak sesi perkenalan tokoh-tokoh utama The Playlist. Jangaan lupa catat tanggal blog tour & giveaway-nya.

lttheplaylist

Besok akan bahas apa? Saya bakal cerita lebih dalam tentang riset dan proses penerbitan The Playlist. Termasuk tempat-tempat yang saya kunjungi untuk latar tempat di cerita. Penasaran? Makanya jangan lupa buat pantengin Twitter, ya!

Regards,

erl.

 

16 thoughts on “[Blog Tour and Giveaway] Day 2: Meet the Characters

  1. Hooo, pantes kenapa saya lebih suka sama Ethan, ternyata di awal penulisan karakternya lebih kuat. Giih Aries buat winona aja, ethan yg msh free buat aku aja
    #TimEthan

    1. Di draf awal juga aku condong ke #TimEthan dan masih setengah hati ngadepin Aries. :)) Tadinya malah hampir bikin Ethan sama Winona balikan, tapi nanti hambaaaar. Jadi mending Ethan single aja.

  2. Aku lebih suka winona yang kiko mizuhara hehe. Duh jadi Ethan mantan terindahnya winona ya? Bakal seru nih. Tapi aku lebih suka Aries deh. Cowok tertutup selalu bikin penasaran 😀

  3. Dan setelah bertemu dengan para tokoh, justru tetap penasaran dengan Aries yang sulit didekati…merasa tertantang gimana gitu 😀 :p

      1. Haduuuhhh…jangan tingkatkan kadar penasaranku padanya pliiiss
        Aku kan pecinta mas-mas misterius 😛

  4. Menyenangkan deh membaca postingan kali ini. Meskipun saya sendiri memang belum pernah baca versi wattpad-nya, saya yakin deh bahwa ketiga tokoh ini punya karakter yang kuat yang bisa membuat para pembaca jadi hanyut ^^

    Dan makasih loh untuk referensi filmnya… 3 film yang disebut dalam postingan Mba Erlin kali ini secara otomatis masuk ke dalam Movie Wishlist-ku^^.

    Gak sabar pengen tau tempat2 yang menginspirasi lahirnya The Playlist.

Leave a Reply

